Rabu, 02 Agustus 2023

KORELASI ANTARA KARTU TAROT DENGAN PSIKOLOGI



Pada dasarnya kartu Tarot sudah dikenal di berbagai kalangan sejak dahulu kala. Kemudian kartu Tarot mengalami perkembangan yang pesat seiringan dengan perkembangan zaman yang semakin maju. Awalnya kartu tarot yang tidak terekspos mulai naik ke permukaan sejalan dengan peminat yang semakin meningkat. Bahkan kita bisa menemukan Tarot Reading di event-event yang ada di Yogyakarta ataupun di sosial media seperti TikTok ataupun Instagram. Kepopularitasan kartu Tarot yang besar seperti sekarang bahkan bisa menjadi sarana konsultasi psikologi karena adanya korelasi antara simbol-simbol yang ada di kartu tarot dengan simbol-simbol dalam mitologi kehidupan manusia. Salah satu contohnya adalah simbol Tongkat (Wands) dalam kartu tarot memiliki arti jiwa atau simbol Cawan (Cups) dalam kartu tarot memiliki arti emosi.

Terjadinya perkembangan zaman yang pesat, menunjukkan bahwa kartu tarot yang diuraikan secara alamiah dengan ilmu psikologi mampu menjadi media berkomunikasi dengan alam bawah sadar manusia. Hal ini mampu membantu seseorang untuk mendapatkan pencerahan diri dari pikiran bawah sadarnya. Dalam buku Psikologi Tarot, Hisyam A. F (2010) pernah menyatakan bahwa alam bawah sadar manusia sebenarnya mempengaruhi sekitar 80% dari sikap dan perilaku manusia itu sendiri.

Pakar Psikologi lain seperti Carl Gustav Jung meyakini bahwa semua jiwa manusia terhubung dengan ketidaksadaran, keadaan ini memiliki kekuatan tersendiri bagi pola-pola kehidupan yang ada disepanjang masa. Hal ini membuat kita mempelajari bagaimana individu tersebut melihat peran diri secara personal, terus berusaha untuk mencapai hasil yang diinginkan dan melepaskan hal-hal yang merugikan dengan mempertimbangkan hukum sebab akibat untuk mencapai keseimbangan hidup dan memahami potensi atas diri sendiri. Konsep seperti ini sama dengan sistem yang terdapat pada kartu Tarot.

Dengan demikian, dasar pemahaman kartu Tarot dapat dikaji dengan konsep keilmuan atau bagian kecil dari psikologi karena konsep kartu Tarot itu sendiri memuat simbol-simbol dari kehidpan yang sudah ada sejak dahulu kala. Dengan kata lain, sejak dulu pola-pola yang mendasari kehidupan tetap sama hanya saja berbeda cara dengan berbagai macam kondisi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar